Program Studi Tadris Biologi Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas di MANKORAYA

Penelitian Tindakan Kelas. Source: www.rohmadi.info/ptk

(18/7/2019) IAIN Palangka Raya Melalui Program Studi Tadris Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) melakukan kegiatan peningkatan kualitas pembelajaran di kelas untuk para Tenaga Pengajar pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palangka Raya dalam rangka melaksakan Tri Dhama Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh Hj. Roudhatul Jannah  selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), H. Idayani, M.Pd selaku Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palangka Raya, Para Guru dan Tenaga Pengajar MAN Kota PAlangka Raya, serta tim pengabdian dari IAIN Palangkaraya Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam (PMIPA) Program Studi Tadris Biologi.

Sementara itu Kepala sekalah MAN Kota PAlangka raya H. Idayani mengapresiasi kepada pihak IAIN Palangka Raya yang sudah memilih sekolah tempat yang ia pimpin sebagai tempat untuk melaksanakan pengabdiannya dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kepada para guru. Harapannya guru bisa mengupdate dan mengupgrade pengetahuan yang sudah dimiliki guna pengembangan pembelajaran yang berkualitas di kelas

Dalam kegiatan tersebut yang dikemas dalam bentuk Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan oleh tim pengabdian yang terdiri dari beberapa dosen Program Studi Biologi, yaitu : Nanik Lestariningsih, M.Pd, Ridha Nirmalasari, S.Si., M.Kes, Ayatusa’adah, M.Pd, Hj. Nurul Septiana, M.Pd, H. Mukhlis Rohmadi, M.Pd, Yatin Mulyono, M.Pd, dan M. Redha Anshari, S.E.I., M.H. dan sebagai sasaran pada pelatihan ini adalah Para Guru dan Tenaga Pengajar MAN Kota Palangka Raya

H. Mukhlis Rohmadi, M.Pd sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut menyebutkan bahwa Kegiatan Penetian tindakan kelas ini menurut dilatar belakangi oleh beberapa hal, diantaranya adalah: 1. Kegiatan penelitian kurang dirasakan dampaknya pada  peningkatan mutu pembelajaran kelas, 2. Diseminasi hasil penelitian memakan waktu lama, akibatnya guru tidak dapat menerapkannya di kelas, 3. Perubahan pandangan mengenai pemanfaatan hasil penelitian untuk perbaikan kualitas Pendidikan. Sehingga sebagai penelitian tindakan kelas sebagai proses perbaikan, peningkatan dan perubahan pembelajaran ke arah yang lebih baik, agar tujuan pembelajaran tersebut dapat tercapai secara optimal.

Penelitian Tindakan Kelas ini sendiri adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. PTK dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. PTK merupakan salah satu publikasi ilmiah dalam konteks pengembangan profesi guru secara berkelanjutan yang ditujukan untuk perbaikan dan peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran atau mutu pendidikan pada umumnya. PTK ini cocok dilakukan oleh guru karena prosesnya praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *