Praktikum Lapangan Mahasiswa Tadris Biologi di Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling

Mahasiswa program studi tadris biologi IAIN Palangka Raya angkatan 2016 dan 2018 melaksanakan kegiatan praktikum lapangan di Taman Wisata Alam Tangkiling yang berlangsung selama dua hari dimulai dari keberangkatan pada sabtu pagi (04/05/2019).

Praktikum lapangan merupakan salah satu kegiatan yang satu paket mata kuliah tertentu, bahwa mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori namun juga akan praktiknya sehingga terjadi pendalaman materi.

Adapun materi pokok yang akan dipraktikum ialah mata kuliah ekologi hewan, ekologi tumbuhan, dan pengetahuan lingkungan. Secara garis besar kegiatan mahasiswa di lapangan ialah melakukan pembuatan plot dengan ukuran 10 x 10 Meter sebanyak 10 plot di dalam plot tersebut mahasiswa mencatat semua spesies dan jumlah spesies yang terdapat dalam setiap plot dan mencatat baik itu binatang maupun tumbuhannya sekaligus mengamati parameter lingkungannya. Kegiatan praktikum juga melakukan pengamatan serangga malam, pengamatan kelimpahan serangga dengan metode capture mark recapture (CMR), dan produktivitas tumbuhan yang ada di Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling.

Karena selain belajar mahasiswa juga bias sekalian rekreasi sehingga menjadi tambahana wawasan baru dengan langsung melihat kondisi alam tersebut, tentunya keberangkatan mahasiswa tadris biologi pada setiap kegiatan praktikum lapangan mampu secara nyata mengexplore kekayaan alam Kalimantan tengah khusunya.

Gerbang Masuk TWA Bukit Tangkiling
Mahasiswa melakukan pengukuran plot
Mahasiswa dibantu asisten praktikum dalam menyiapkan peralatan
Mahasiswa melakukan pengambilan data
Foto bersama Mahasiswa biologi IAIN Palangka Raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *