Mahasiswa TBG FTIK IAIN Palangka Raya Menjadi Pemakalah Pada Seminar Nasional Sains dan Teknologi Di Universitas Palangka Raya

Sabtu, 16 November 2019 dua Mahasiswa Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan artikel mereka dalam seminar nasional dan Teknologi yang diselenggarkan oleh Fakultas MIPA Universitas Palangka Raya. Mereka berdua adalah Isnaini Siwi Handayani (2016) dan Noor Eka Febryana (2016). Tema yang diusung dalam seminar nasional tersebut  “ Inovasi Sains dan Teknologi untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Sebelum dapat mempresentasikan artikel, kedua mahasiswa tersebut harus mengirimkan abstrak terlebih dahulu yang akan diseleksi oleh pihak panitia dengan seleksi yang ketat. Berdasarkan pengumuman yang diterima pada tanggal 31 Oktober 2019, mereka lolos pada Subtopik Pendidikan IPA. Mereka pun berhak mempresentasikan artikel masing-masing dengan judul “Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Etnobotani Terintegrasi Keislaman Berbasis Aplikasi 3D Pageflip Di IAIN Palangka Raya” dan “Pengembangan E-Book Online Materi Pewarisan Sifat Kelas IX MTs Muslimat Nu Palangka Raya”.

Dalam seminar ini terdapat 4 keynote speaker, yang terdiri dari Ruli Tanio (Direktur PT. Energia Prima Nusantara), Bernat Ripoli Capila  (Borneo Natur Foundation Co-Director), Prof. Hamzah Fansuri, Ph.D ( Ketua Terpilih HKI, Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember), dan Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng, Ph.D (Peraih Habibie Awards, Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).  

Mahasiswa Tadris Biologi Menjadi satu-satunya perwakilan  dari IAIN Palangka Raya dalam acara tersebut. Selain Siwi dan Eka, Pemakalah lainnya berasal dari Pelajar, Guru, Mahasiswa S1, S3, Dosen, dan Praktisi dari berbagai Wilayah Indonesia Seperti kampus Islam Ternama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan kampus umum ternama Universitas Brawijaya. Terkait dengan kegiatan tersebut  “Semoga saya dan teman-teman nantinya berkesempatan mengikuti seminar nasional dalam meneliti, serta mencoba mengikuti seminar nasional maupun internasional untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dan kegiatannya sangat bermanfaat, menarik, pelayanan baik, banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang didapat” ucap siwi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *