Lokakarya 2023: Mahasiswa TBG Belajar Membuat Sasirangan dan Mengenal Keanekaragaman Hayati

Sebanyak 26 mahasiswa Program Studi Tadris Biologi dari Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Palangka Raya mengikuti kegiatan lokakarya yang dilakukan dengan mengunjungi industri batik sasirangan di kota Banjarmasin pada Rabu (08/03/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari lokakarya yang diadakan oleh Jurusan PMIPA IAIN Palangka Raya yang dipimpin oleh Dr. Jumrodah, M.Pd., selaku Ketua Panitia Lokakarya.

Kegiatan dimulai pukul 07.30 WITA di industri batik sasirangan. Industri ini merupakan salah satu industri batik tradisional yang terkenal di Banjarmasin. Selama lokakarya, peserta diberikan kesempatan untuk belajar secara langsung tentang proses pembuatan batik sasirangan. Kegiatan dimulai dengan mengolah pewarna dari bahan-bahan alami yang digunakan dalam proses pewarnaan batik. Peserta juga diajarkan teknik melukis batik dengan motif-motif khas sasirangan.

Setelah itu, peserta terlibat dalam proses pewarnaan pada kain dengan menggunakan pewarna alami yang telah mereka olah sebelumnya. Mereka juga belajar tentang teknik penjemuran kain batik dan inspeksi produk untuk memastikan kualitas batik yang dihasilkan.

Selain proses pembuatan batik, peserta juga diberikan pemahaman tentang kegiatan pemasaran batik sasirangan. Mereka mempelajari strategi pemasaran, promosi, dan cara mengenali keunikan batik sasirangan sebagai produk khas Banjarmasin.

Setelah belajar membuat sasirangan, selanjutnya mahasiswa mengunjungi Geosite Tahura Sultan Adam. Kegiatan di Tahura Sultan Adam. Peserta diajak untuk menjelajahi perbukitan di Tahura dan melihat situs serpentinit batuan purba bawah laut yang terkenal. Selanjutnya, peserta mengunjungi rumah Belanda yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang penting di daerah tersebut. Mereka juga menikmati keindahan Taman Rusa dan Kelinci serta melihat keajaiban alam dengan mengunjungi air terjun yang mempesona.

Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman yang berharga, tetapi juga meningkatkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan alam serta keanekaragaman hayati. Selain itu, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari serta di masa depan sebagai calon pendidik dan ilmuwan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *