PROFIL LULUSAN

Lulusan Program Studi Tadris Biologi Jurusan PMIPA FTIK IAIN Palangka Raya adalah Sarjana pendidikan (S.Pd) bidang biologi yang berjiwa Pancasila yang mengedepankan aspirasi dan kepedulian dengan prinsip nilai-nilai Islam, memiliki kapabilitas menerapkan penguasaan biologi dan pendidikan biologi dalam mengelola pembelajaran abad 21, mampu mengelola laboratorium sekolah, memiliki kemampuan  memecahkan masalah pendidikan biologi secara kreatif dan inovatif melalui penelitian dan tindakan praktis, memiliki kemampuan entrepreneurship, serta menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Berkaitan dengan hal ini maka lulusan yang diharapkan adalah lulusan yang dapat mengembangkan dirinya dalam profesi sebagai:

Profil Lulusan Deskripsi
Pendidik Sebagai pendidik biologi di SLTA dan pendidik IPA di SLTP
Peneliti Sebagai peneliti / asisten peneliti bidang ilmu biologi, pembelajaran, dan terapannya
Pengelola Laboratorium Sebagai pengelola pada laboratorium biologi atau laboratorium IPA
Pelaku usaha (entrepreneur) Sebagai pelaku usaha di bidang biologi dan terapannya, Sebagai pelopor masyarakat yang menggunakan konsep sains

Rumusan capaian pembelajaran lulusan (CPL) PS S-1 Tadris Biologi meliputi sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan diantaranya sebagai berikut :

Capaian Pembelajaran Bidang Sikap

Setiap lulusan Program Studi Tadris Biologi (S-1), harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; 
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; 
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; 
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; 
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; 
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan 

       Rumusan Keterampilan Umum :

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Rumusan Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengaplikasikan bidang pendidikan biologi dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi
  2. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data di bidang pendidikan Biologi, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  3. Bertanggung jawab pada profesi dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja.
  4. Mampu mengaplikasikan bidang biologi dan pendidikan biologi berbasis kearifan lokal dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelesaian masalah.
  5. Mampu mengaplikasikan nilai keislaman dalam bidang biologi dan pendidikan biologi, memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelesaian masalah, serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

 

Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan

      Rumusan capaian pembelajaran bidang pengetahuan :

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, hukum dan proses biologi serta terapannya untuk menyelesaikan masalah pendidikan Biologi 
  2. Menguasai kurikulum, pembelajaran, evaluasi/asesmen dan metode penelitian untuk mendukung penyelesaian masalah pendidikan biologi 
  3. Menguasai dasar-dasar sains untuk mendukung penyelesaian masalah pendidikan 
  4. Menguasai Perkembangan Keilmuan dan Teknologi terkini dalam Pendidikan Biologi
  5. Menguasai konsep boiologi dan pendidikan biologi berbasis kearifan lokal 
  6. Mengusai konsep biologi dan pembelajaran biologi yang terintegrasi keislaman
  7. Menguasai konsep wirausaha bidang biologi (bio-enterpreneurship)